KAMANDANG : TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH Oleh : Abad Badrudin, M.Pd.I
TUGAS POKOK DAN
FUNGSI KEPALA SEKOLAH
Oleh :
Abad Badrudin, M.Pd.I
K
|
epala sekolah merupakan school principal yang tugas kesehariannya menjalankan principal ship atau kekepala sekolahan.
Istilah kepala sekolah mengandung makna sebagai segala sesuatu yang berkaitan
dengan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah.
Kepala sekolah dilatih agar
dapat memenej sekolah dengan baik, ada istilah Manajemen Mutu Terpadu, dan itu
menjadi modal suksek kepala sekolah, modal itu adalah :
1. Ada
sk sebagai posisi legal/legalitas Kepala Sekolah dari pejabat berwenang
2. Pengalaman
atau eksperiente
3. Pendidikan
atau education, memiliki konsep masa depan, to adopt (terus mencari ilmu), to
adapt kemudian pilih, to modify selanjutnya modifikasi.
4. Bakat
atau talent/heriditie bukan ingin ada folloower saja
5. Kesediaan
berkorban atau property (mutu, harga diri, kridibilitas, bekerja dll).
Selain itu kepala sekolah harus mengetahui bagaimana
cara mewujudkan sekolah bermutu, yaitu dengan cara :
1. Kepsek
aktif, kreatif, professional dan terus istiqomah atau berusaha terus
memperbaiki diri
2. Memiliki
kawan/PTK di tempat kerja yang juga kreatif, inovatif, dan berintegritas
3. Tersedia
dana yang layak untuk menunjang kemajuan sekolah
4. Tersedia
pasilitas dasar sekolah yang layak
5. Tersedia
regulasi sekolah sesuai kebutuhan
Continuous improvement : customer focus/siswa sebagai obyek/focus perhatian, process improvement/perbaiki proses, total involvement/ajak kerjasama dengan
pihak/badan dilingkungan sekolah, adakan mou untuk kemajuan sekolah.
Kunci untuk peningkatan mutu,
yaitu :
1. Leadersip
atau kepemimpinan
2. Training
dan education
3. Supportive
structure
4. Communications
yang aktif dengan semua pihak terutama warga sekolah
5.
Reward dan recognition bagi warga sekolah yang
terbaik
Nilai kepsek yang harus
diperhatikan yaitu : 1. Kepemimpinan, 2. Manajemen, 3. Wirausaha, dan 5
layanan.
Penjelasan ini dipandang
penting, karena terdapat beberapa istilah untuk menyebut jabatan kepala
sekolah, seperti administrasi sekolah (school
administrator), pimpinan sekolah (school
leader), manajer sekolah (school
manajer), dan sebagainya. Berikut adalah uraian tugas dan fungsi kepala
sekolah. Permendikbud nomor 06 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala
sekolah, dalam Bab. VI
bahwa pasal 15 tugas kepala sekolah yaitu sebagai manajer sekolah, kedua mampu
mengembangkan kewirausahaan sekolah, dan ketiga mampu meningkatkan kemampuan
guru melalui supervisi guru dan tenaga kependidikan.
Selanjutnya dalam pengembangan
sekolah kepala sekolah harus mampu meningkatkan mutu sekolah berdasar 8 standar
sekolah (SKL, SI, SP, SPTK, S sarpras, S pengelolaan, S pembiayaan, S Penilaian
Pendidikan), berikut ini tugas Kepala Sekolah yang tidak kalah penting untuk
diketahui para kepala sekolah, yaitu :
1. Kepala
Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
Membimbing guru dalam hal
menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan
melaksanakan program pengajaran dan remedial. Membimbing karyawan dalam hal
menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari. Membimbing siswa
dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar sekolah.
Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar dan
diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat, mengusulkan
kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah.Mengikuti perkembangan
iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahan-bahan.
2. Kepala
Sekolah sebagai Manajer (Manager)
Mengelola administrasi
kegiatan belajar dan bimbingan konseling dengan memiliki data lengkap
administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan
konseling. Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi
kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap. Mengelola administrasi
ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga guru dan Tata Usaha.
Mengelola administrasi keuangan Rutin, BOS, dan Komite. Mengelola administrasi
sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium,
perpustakaan.
3. Kepala
Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
Menyusun program kerja, baik
jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Menyusun organisasi ketenagaan
disekolah baik Wakasek, Pembantu Kepala Sekolah, Walikelas, Kasubag Tata Usaha,
Bendahara, dan Personalia Pendukung misalnya pembina perpustakaan, pramuka,
OSIS, Olah raga. Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia
peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya. Menggerakkan
staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan dan mengkoordinasikan
pelaksanaan tugas. Mengoptimalkan sumberdaya manusia secara optimal,
memanfaatkan sarana/prasarana secara optimal dan merawat sarana prasarana milik
sekolah.
4. Kepala
Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
Menyusun program supervisi
kelas, pengawasan dan evaluasi pembelajaran. Melaksanakan program supervisi.
Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk
pengembangan sekolah.
5. Kepala
Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
Memiliki kepribadian yang
kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan
berjiwa besar. Memahami kondisi guru, karyawan dan anak didik. Memiliki visi
dan memahami misi sekolah yang diemban. Mampu mengambil keputusan baik urusan
intern maupun ekstern. Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun
tertulis.
6. Kepala
Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
Mampu mencari, menemukan dan
mengadopsi gagasan baru dari pihak lain. Mampu melakukan pembaharuan di bagian
kegiatan belajar mengajar dan bimbingan konseling, pengadaan dan pembinaan
tenaga guru dan karyawan, kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan
pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di Komite dan masyarakat.
7. Kepala
Sekolah sebagai Pendorong (Motivator)
Mampu mengatur lingkungan
kerja. Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai. Mampu menerapkan
prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan
yang berlaku.
SEKOLAH HEBAT & BERKEMBANG ITU TERCIPTA
DARI KINERJA KEPALA SEKOLAH YANG ULET, KREATIF, MOTIVATIF DAN INOVAYIF.
Semoga Bermanfaat.***
0 Response to "KAMANDANG : TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH Oleh : Abad Badrudin, M.Pd.I"
Posting Komentar